Laman

Jumat, 26 Desember 2014

Kualitas telur ayam kampung

Kualitas telur
Untuk menghasilkan telur konsumsi yang baik dan memenuhi selera konsumen, peternak harus memperhatikan kualitas telur yakni :
Bentuk telur
Berbentuk oval, yakni ujung yang satu runcing dan ujung yang lain bulat.
Kerabang telur
Kerabang telur yang baik yakni yang sedang, tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis.
Kebersihan telur
Sebelum dipasarkan, telur harus dibersihkan terlebih dahulu dengan kapas yang dibasahi dengan alkohol 70%.  Jangan menggunakan lap yang dibasahi dengan air sebab air bisa menerobos pori-pori telur sehingga telur mudah busuk.
Kesegaran telur
Telur yang dipasarkan harus telur segar.  Oleh karena itu penjualan telur harus sesegera mungkin setelah telur diambil dari kandang.  Penyimpanan telur maksimal tujuh hari saja.
Berat dan besar telur
Berat dan besar telur harus dikelompokkan menjadi empat kelompok :
Kelompok I.  : berat 25 - 35 gram
Kelompok II. : berat 36 - 45 gram
Kelompok III : berat 46 - 50 gram
Kelompok IV : berat diatas 50 gram
Dari keempat kelompok di atas, kelompok II adalah yang paling digemari konsumen, telur kelompok I kurang diminati karena terlalu kecil demikian pula kelompok III dan IV.  Sebab kelompok III dan IV menyerupai telur ayam ras.  Telur kelompok III dan IV biasanya hasil dari persilangan antara ayam kampung dengan pejantan ras.  Sebagai seorang produsen, peternak harus pandai memilih ayam kampung dengan hasil telur yang mempunyai berat antara 36 - 45 gram.  Dalam hal ini catatan produksi telur sangat berguna untuk mencari dan melakukan seleksi ayam yang dimaksud tersebut karena berat, besar dan warna telur relatif sama untuk setiap periode peneluran.

Proses pengambilan telur

Proses pengambilan telur sedapat mungkin dilakukan secara rutin dan kontinyu,yakni pada jam 09.00, jam 12.00 dan jam 16.00.  Tempat penyimpanan telur dapat berupa keranjang telur ataupun tempat telur dari plastik yang biasa disebut egg's tray yang dapat dibeli di poultry shop.

Pemasaran telur

Pemasaran telur adalah langkah akhir yang menentukan keberhasilan usaha peternakan.  Pemasaran telur sangat dipengaruhi oleh beberapa variabel yang saling mempengaruhi yaitu :
a. Kualitas telur
b. Promosi
c. Keadaan pasar
d. Daya beli masyarakat
Ada dua macam cara pemasaran yang biasa dilakukan yaitu - peternak menyetor telur ke konsumen yang berlangganan tetap  dan kepasar, - pedagang pengumpul atau konsumen yang datang sendiri ke peternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar