Laman

Rabu, 24 Desember 2014

Jenis - jenis ayam kampung petelur

  1. Ayam kampung diperkirakan berasal dari keturunan ayam hutan merah (Gallus gallus) dan  ayam hutan hijau (Gallus varius) perkiraan ini diperkuat dengan adanya warna hijau yang dominan pada  bulu ayam di sekitar leher dan warna kemerah-merahan ditubuhnya. 
    ayam kampung
  2. Ayam kedu berasal dari Desa Kedu Kec. Kedu Kab. Temanggung, merupakan unggas yang cukup bagus, ayam ini termasuk dwifungsi yakni termasuk jenis ayam pedaging dan ayam petelur.  Berdasarkan warna bulunya ayam kedu dibedakan menjadi : ayam kedu hitam, ayam kedu cemani, ayam kedu putih, ayam kedu merah.
    ayam kedu merah
  3. Ayam Nunukan, Ayam Pelung dan Ayam Wareng. Ayam nunukan berasal dari Pulau Tarakan Kalimantan Timur.  Ciri fisik ayam nunukan warna bulunya merah kekuningan, paruh dan kakinya berwarna kuning atau putih kekuningan, pertumbuhan bulu sayap dan bulu ekor tidak sempurna, jengger dan pial berwarna merah berbentuh wilah dan bergerigi delapan buah pada jenggernya.  Ciri fisik ayam pelung tubuhnya berukuran besar, tegap dan temboloknya menonjol, kakinya panjang, kokoh dan paha berdaging tebal, jengger ayam betina tidak berkembang baik, warna bulu kuning bercampur merah dan sedikit serabut hitam, ayam jantan memiliki suara kokok yang khas.  Ayam wareng memiliki bulu yang terdiri campuran warna hitam, blorok (belang-belang putih dan hitam) dan putih, ayam jantan memiliki leher dan kepala berukuran kecil serta kaki panjang dan ramping.
    ayam pelung
  4. Ayam Arab berasal dari Belgia, dari penampilan fisiknya ayam ini mempunyai kepala yang bentuknya seolah-olah berkerudung putih, gerak geriknya gesit, gemar bercengkerama dan warna bulu dibadannya tampak menarik dengan kombinasi warna keperakan.
    ayam arab
  5. Ayam Poncin merupakan persilangan ayam arab jantan dengan ayam kedu betina, memiliki bulu yang beragam yakni hitam, merah dan keputih-putihan.
    ayam pocin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar